Senin, 16 Januari 2012

Ancaman di Android Unjuk Gigi di Awal Tahun

 

Beberapa pengamat sempat memprediksi ramainya ancaman program jahat di Android pada 2012, ini seiring meningkatnya popularitas sistem operasi mobile itu.



Seakan hendak memenuhi prediksi itu, beberapa ancaman pun muncul di awal 2012. Symantec mencatat beberapa aplikasi palsu muncul di Android Market pada awal Januari.

Pada 9 Januari 2012, Symantec mengaku menemukan program jahat yang menyamar sebagai game di Android Market. Uniknya, saat dipasang, program jahat ini tidak meminta izin macam-macam kecuali akses internet.

Karena tidak meminta izin macam-macam, apps palsu ini mungkin tak mencurigakan. Symantec mengklasifikasikannya sebagai Android.Steek.

Sehari kemudian, pada 10 Januari 2012, Symantec menemukan program jahat lainnya di Android Market. Kali ini, apps palsu ini memodifikasi sebuah proyek Open Source.

Dijuluki Android.Qicsomos oleh Symantec, program jahat ini mencoba menyerang pengguna smartphone di Prancis. Di dalamnya, terdapat kode untuk mengirim SMS Premium.

Uniknya, kode pengiriman SMS Premium itu akan berjalan jika pengguna melakukan uninstall aplikasi melalui menu yang ada di dalam aplikasi (tombol berlabel Desinstaller).

Ditemukannya dua program jahat dalam dua hari berturut-turut itu membuat Symantec yakin, tahun ini bakal banyak program jahat di Android.

Tidak ada komentar: