Selasa, 09 Agustus 2011

Menjelajah Internet Melalui Sinar Lampu LED


Teknokerz tahu mengapa koneksi internet menjadi lambat? Hal ini dikarenakan banyaknya pengguna serta banyaknya perangkat yang terhubung dengan nirkabel, menjadikan tersumbatnya sinyalnya yang seharusnya di dapat oleh pamakai.

Seperti yang selama ini kita ketahui bahwa koneksi internet
didapat melalui gelombang radio, namun penemuan terbaru mengatakan bahwa kita dapat mengirimkan data melalui cahaya lampu LED yang diketahui memiliki intensitas bervariasi yang jauh lebih cepat dibanding yang bisa ditangkap manusia. Prinsipnya sama seperti remote control Infra merah, namun lebih kuat memancarkan gelombang.

Penemuan ini dinamakan D-Light, yang diketahui bisa mengirimkan data dengan kecepatan diatas 10 megabit per detiknya,jauh diatas kecepatan broadband sekarang. Di masa depan, semua perangkat akan menggunakan bantuan sinar lampu yang berada di ruangan tersebut untuk bertransmisi. Apabila diluar ruangan, sinar lampu jalan, atau lampu mobil bisa jadi alternatif

D-Light juga akan mengurangi kekhawatiran masyarakat mengenai gelombang elektromagnetik yang dibawa oleh WiFi yang konon merusak kesehatan.

Tidak ada komentar: